Kategori
bisnis

Fenomena Peningkatan Jumlah E- Commerce

Pengguna internet di Indonesia diperkirakan menggapai 57, 8 juta pada 2010, bersamaan meningkatnya komsumsi layanan tersebut lewat teknologi pita lebar. Dikala ini, internet sudah jadi salah satu media pemasaran serta penjualan yang murah, kilat serta mempunyai jangkauan yang luas sampai menembus batas- batas negeri. Bersamaan dengan merebaknya mengkonsumsi internet pada akhir 90- an, bermunculanlah bermacam online shop yang menawarkan produk/ jasa lewat web yang dirancang buat bisa melaksanakan transaksi secara online, serta lahirlah sebutan e- commerce. Oleh sebab itu, disaat ini telah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile buat menolong mempromosikan industri secara digital.

Buat Johnson dalam Kuspriatni( 2009), e- commerce ialah sesuatu aksi melaksanakan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet selaku media komunikasi yang sangat utama. Sebaliknya buat Adi Nugroho( 2006: 5), perdagangan e- commerce di definisikan selaku tata metode buat menjual serta membeli sebagian barang serta jasa melalui jaringan internet, namun Menimpa ini mencakup bermacam aspek antara lain transaksi pembelian dan transfer dana via jaringan pc. E- Commerce dini kali diperkenalkan pada tahun 1994, banner elektronik dipakai buat tujuan promosi serta periklanan di sesuatu halaman- web( web).

Buat Kasali( 2011), terdapat sebagian alibi yang dikemukakan oleh Visa E- Commerce Consumer( Tubuh Monitor Studi Visa) menimpa kenaikan jumlah orang yang berbelanja serta berupaya di internet. Dini, dekat 80% responden berikan ketahui waktu berbelanja online lebih fleksibel. Kedua, sebanyak 79% responden berkata mereka gampang menyamakan harga sehingga dapat lebih berhemat. Ketiga, 78% responden buat membanding- bandingkan produk. Yang terakhir 75% responden buat mencari benda murah. Adi Nugroho( 2006: 19), menarangkan terdapat sebagian keuntungan perdagangan elektronik buat industri, ialah memperpendek jarak, ekspansi pasar, ekspansi jaringan mitra bisnis, serta efektif. Di samping seluruh Menimpa yang menguntungkan, e- commerce pula mempunyai sedikit kerugian, ialah tingkatkan individualisme, memunculkan kekecewaan, serta tidak manusiawi. winstarlink. com/ jasa- desain- company- profile/

Buat hadapi persaingan dalam bisnis e- commerce, hingga masing- masing industri e- commerce butuh mempunyai distinctive e- service selaku point of differentiation buat menarik atensi beli konsumen. Upaya pemenuhan kebutuhan serta kemauan konsumen lewat penyampaian yang sesuai diharapkan bisa memencet atensi beli konsumen serta menciptakan customer life time value yang lebih lama buat industri. Riset ini disusun buat menganalisis pengaruh mutu e- service terhadap atensi beli konsumen, lewat aspek keandalan, desain web website, keamanan/ orang serta layanan pelanggan. Terlebih, dikala ini telah banyak industri yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile buat membuatkan websitenya.

Kategori
bisnis Digital Marketing

Kedudukan Aplikasi Akuntansi

Kedudukan utama dari aplikasi akuntansi buat industri merupakan mengelola informasi keuangan serta laporan secara akurat. Oleh karenanya, dengan memakai aplikasi ini hingga akuntan bisa menerbitkan laporan keuangan dengan kilat tanpa wajib melaksanakan penghitungan secara manual dengan berkas yang menumpuk. Kemajuan teknologi dikala ini membolehkan seorang buat mengelola keungannya dengan gampang memakai aplikasi, jasa pembuatan software berbasis desktop hendak membuat sistem cocok dengan kebutuhan Kamu. Tidak hanya itu sebagian kelebihan lain yang dapat dialami dari pemakaian aplikasi akuntansi merupakan:

Pengelolaan informasi bisa dipantau secara real time memakai aplikasi akuntansi sistem online. Dalam perihal ini Kamu tidak butuh berangkat ke kantor maupun menghadap pc utama, melainkan lumayan lewat laptop individu yang telah terkoneksi dengan program aplikasi akuntansi.

Kamu dapat mengendalikan sistem buat mengendalikan keuangan dengan bermacam penghitungan, mulai dari pemotongan pajak, suku bunga, serta lain sebagainya. Seluruh itu hendak dihitung secara otomatis oleh sistem aplikasi akuntansi. Kebutuhan hendak perhitungan keuangan oleh banyak orang hingga dari itu jasa pembuatan software berbasis web hendak menolong banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Pengelolaan informasi dapat dicoba secara real time. Dengan metode ini, segala pengeluaran serta pendapatan hendak terkendali serta terawasi dengan gampang.

Kamu dapat memasukkan jumlah optimal dari ambang batasan pengeluaran industri, serta ini hendak mempermudah Kamu dalam mengelola keuangan. Sebab tiap bayaran yang dikeluarkan hendak langsung diupdate secara real time pada aplikasi akuntansi serta ini hendak meminimalisir pengeluaran berlebih.

Kerugian serta Kekurangan Memakai Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi dikala ini memanglah telah banyak digunakan oleh sebagian industri di Indonesia. Cuma saja jumlah yang tidak mengenakan aplikasi ini pula terkategori masih lumayan banyak. Serta salah satu perihal yang mendasari merupakan sebab aplikasi ini dinilai masih belum dapat mengambil alih kinerja seseorang akuntan secara optimal. Kemudian sesungguhnya apa kerugian dari aplikasi ini? Berikut sebagian kelemahannya:

Sebagian industri memperhitungkan kalau aplikasi ini mempunyai sistem pengoperasian yang ribet serta memerlukan maintenance yang rumit.

Aplikasi akuntansi dinilai sangat mahal serta tidak benarbenar dapat mengambil alih posisi akuntan.

Aplikasi ini pula dikira rawan hadapi kesalahan sistem sebab sebagian program pc terkadang hadapi bug yang merugikan.

Kategori
bisnis

Berikut Tata cara Memilah Mesin Kasir Yang Cocok Buat Usaha Anda

Buat banyak pebisnis, mesin kasir yakni investasi yang menjanjikan. Bagaimanapun, mesin kasir yang cocok dapat memperlancar operasional toko masing- masing hari. Oleh karena itu, pemilihannya tidak bisa sembarangan.

Tidak cuma mencari mesin kasir dengan harga yang sesuai dengan kemampuan bisnis, berikut sebagian panduan yang bisa Kalian pertimbangkan disaat memilah mesin kasir. Perkembangan jaman menuntut toko maupun usaha ritel buat lebih kilat dalam transaksi, sampai dari itu dibutuhkan jasa pembuatan aplikasi kasir buat membuat aplikasi pos sebagai pemecahan buat transaksi dengan kilat.

  1. Aspek keamanan

Pertimbangkan keahlian fraud maupun penyalahgunaan akses terhadap mesin kasir. Tidak hanya keamanan secara raga, sebagai pemilik bisnis, Kalian pula perlu meminimalisir terjadinya eksploitasi dari sistem pencatatan pemasukan Kalian.

Secara raga, Kalian dapat melindungi mesin kasir Kalian dengan kunci yang Kalian percayakan pada karyawan Kalian, tetapi Kalian perlu membetulkan tidak ada kesalahan pada pencatatan uang masuk dan keluar.

Salah satu tata cara buat meminimalisir eksploitasi ini ialah dengan mengenakan mesin kasir yang merekam segala aktivitas transaksi dan mencatat karyawan yang bertanggung jawab pada periode tersebut.

  1. Sesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan bisnis Anda

Yang dini ialah memikirkan seberapa besar bisnis Kalian dan keahlian pertumbuhan bisnis sebagian tahun ke depan. Seberapa besar kecepatan yang hendak Kalian butuhkan dalam melayani pelanggan? Fitur- fitur apa saja yang dibutuhkan bisnis Kalian?

Apabila bisnis Kalian memiliki ratusan inventori dan ratusan hingga ribuan transaksi masing- masing bulannya, Kalian dapat mengenakan sistem POS dengan barcode scanner dan manajemen inventori yang memudahkan proses sehingga dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Teknologi terus jadi maju, Mengenai ini pula membuat toko maupun usaha ritel buat mempraktikkan program kasir buat memudahkan transaksi, dengan adanya jasa pembuatan program kasir bisa membantu dalam pembuatan program kasir.

Apabila Kalian ingin merancang buat berkembang dengan kilat, POS berbasis cloud pula memudahkan Kalian dalam skalabilitas.

  1. Berartinya inventory tracking

Apabila Kalian ialah bisnis yang membutuhkan mesin kasir, tetap ada efek kehabisan stok yang pula berarti Kalian kehilangan pemasukan.

Buat menghindari Mengenai ini, pilih mesin kasir yang dapat menghitung segala stok masuk dan keluar, dan dapat memberikan notifikasi kala stok barang sudah menipis.

Fitur ini pula hendak menghemat waktu dan bayaran Kalian karena Kalian/ karyawan tidak perlu lagi melakukan pengecekan stok manual.

  1. Opsi pembayaran fleksibel

Banyaknya promosi yang diberikan oleh penyedia mobile payment dapat menekan konsumen buat bertransaksi. Tidak cuma mobile payment, konsumen pula memiliki opsi transaksi mengenakan kartu debit maupun kredit.

Pastikan bisnis Kalian mengenakan kasir yang mendukung pembayaran tidak cuma tunai dan dapat mencatat segala bentuk pembayaran tanpa hambatan berarti.

  1. Opsi printer kasir maupun printer struk

Meski mesin kasir yang baik dapat mencatat segala pemasukan dan pengeluaran Kalian, sebagian konsumen hendak meminta struk pembelian.

Pastikan kasir Kalian dapat terintegrasi dengan berbagai jenis printer apabila suatu disaat Kalian butuhkan.

Kategori
Tak Berkategori

Analisa Biaya dan Keuntungan Bisnis Kuliner

Jika anda ingin membuka bisnis kuliner, ada baiknya anda mengetahui detail tentang biaya serta keuntungan yang di dapat. Maka dari itu, berikut ini saya melampirkan informasi terkait modal dan keuntungan dari bisnis kuliner.

Bayaran investasi

Buat mengawali bisnis kuliner kamu dapat mengalokasikan bayaran investasi meliputi pembelian beberapa barang yang hendak digunakan buat memproduksi santapan, dalam jangka panjang. Misalnya, oven gas, tabung gas, mixer, loyang, cetakan, timbangan serta yang lain.

Biaya ini juga mencakup biaya promosi yaitu untuk menyewa jasa pembuatan company profile agar bisnis anda semakin dikenal.

Bayaran operasional

Bayaran operasional merupakan bayaran senantiasa ditambahkan bayaran variabel, sebaliknya bayaran senantiasa merupakan bayaran penyusutan dari benda investasi.

Sebaliknya bayaran variabel meliputi harga seluruh bahan ataupun jasa yang dibutuhkan sepanjang sebulan, semacam tepung, margarin, gula pasir, telur, upah tenaga kerja.

Menghitung keuntungan

Metode menghitung keuntungan dari bisnis kuliner kamu merupakan total penerimaan dikurangi bayaran operasional. Selaku simulasi, bila total penerimaan dalam satu bulan sebesar Rp 6 juta, sebaliknya bayaran operasional sebesar Rp 3 juta, hingga keuntungan yang Kamu dapat nikmati merupakan Rp 6 juta dikurangi Rp 3 juta, ialah Rp 3 juta selaku profit bisnis kuliner Kamu. Gampang bukan? Selamat jadi pengusaha.

Kategori
Tak Berkategori

Alasan untuk Menggunakan CRM

Pelanggan bukanlah unsur eksternal dari suatu interaksi didalam suatu perusahaan[3] . Hubungan yang dilakukan haruslah intern dan merupakan bagian penting dari perusahaan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital. Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan, sama seperti perusahaan membutuhkan karyawan.

CRM sendiri adalah suatu sistem informasi yang memungkinkan organisasi untuk berhubungan dengan pelanggan dan mengumpulkan, menyimpan dan menganalisa data pelanggan untuk memberikan pandangan yang komprehensif dari pelanggan mereka[2].

Alasan untuk menggunakan CRM:[1]

  1. Kompetisi untuk mendapatkan pelanggan sangat ketat. Dari titik pandang ekonomi, perusahaan belajar bahwa lebih murah untuk mempertahankan pelanggan daripada mencari yang baru. Dengan Prinsip Pareto, diasumsikan bahwa 20% dari pelanggan perusahaan menghasilkan 80% dari keuntungan yang didapat.
  2. Dalam penjualan di dalam bidang industri, dibutuhkan rata-rata 8 sampai 10 pertemuan untuk mendapatkan pelanggan baru, 2 sampai 3 pertemuan untuk pelanggan yang sudah ada.
  3. Ini membuktikan bahwa 5 sampai 10 kali lebih mahal untuk memperoleh pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
  4. Peningkatan 5% dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada berubah menjadi 25% atau lebih peningkatan profitabilitas.

Jadi tujuan dari CRM adalah untuk membentuk hubungan dengan pelanggan, agar pelanggan merasa puas sehingga dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan. Keuntungan tersebut adalah meningkatkan efisiensi pemasaran dan efektivitas, sehingga membantu dalam mengurangi biaya transaksi dan biaya pengembangan perusahaan secara keseluruhan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya. Untuk mencapai tujuan tersebut, bagian marketing, sales dan customer services harus bekerjasama lebih erat dalam sebuah teamwork dan saling berbagi informasi.

Kategori
Digital Marketing

Perilaku Konsumen Belanja Online

Trust memiliki kaitan yang erat dengan bagaimana hubungan yang terjalin atara penjual dan pembeli. Menurut Utomo et al. (2003) menyatakan bahwa trust dapat menjadi faktor keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Hal tersebut dapat didekati melalui konsep perilaku konsumen. Peter & Olson (2010:5) mengungkapkan bahwa perilaku konsumen merupakan proses yang dinamis yang mencakup perilaku konsumen individual, kelompok, dan anggota masyarakat yang secara konstan mengalami perubahan. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Untuk dapat memahami perilaku konsumen secara tepat, perusahaan sebagai pemasar perlu memperhatikan bagaimana tindakan konsumen dalam mendapatkan, mengonsumsi dan menghabiskan barang dan jasa, termasuk juga pada proses pembuatan keputusan apakah konsumen melakukan keterlibatan tinggi atau rendah.

Untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan, konsumen berupaya mencari informasi, baik melalui internet ataupun kerabatnya. Setelah mengumpulkan informasi, jika produk yang diinginkan berisiko tinggi, maka konsumen akan mencari informasi lebih banyak lagi untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pengambilan keputusan. Keputusan pembelian dalam perilaku konsumen tidak hanya tentang apa yang dibeli atau dikonsumsi oleh konsumen saja. Hal lain yang juga terkait adalah mengenai dimana, bagaimana dan dalam kondisi macam apa barang dan jasa yang dibeli. Tindakan keputusan pembelian tidak lepas dari peran empat faktor, yakni faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Sedangkan proses keputusan pembelian meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, penilaian alternatif, keputusan membeli, dan perilaku setelah pembelian (Kotler & Armstrong 2014:161).

Beralihnya minat masyarakat ke internet ini tidak lepas dari daya tarik situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan Instagram yang semakin menjamur di dunia maya. Media sosial merupakan salah satu bentuk dari Computer Mediated Communication sebagai wadah untuk bersosialisasi dan tempat terjadinya pertukaran informasi dalam dunia teknologi saat ini. Dengan begitu, media sosial dapat secara efektif digunakan untuk keperluan bisnis seperti bisnis online, dan membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

Kategori
Tak Berkategori

Penggunaan database Pada Perusahaan Retail

Penggunaan database pada perusahaan retail
Salah satu implementasi database pada bisnis yang sering kita jumpai adalahperusahaan retail. Database pada perusahaan retail menggunakan software khusus yang dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan DBMS, pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah karena semua informasi telah terintegrasi. Berbeda dengan pencarian informasi di atas aplikasi spreadsheet dimana kita harus tahu nama file, nama sheet kemudian di kolom dan baris keberapa, baru kita bisa temukan informasi tersebut. Apabila perusahaan membutuhkan program database, hubungi saja jasa pembuatan program database terdekat.Sistem pengelolaan database dengan DBMS mencakup aplikasi yang digunakan untuk membuat organisasi logik dari database dan bagaimana cara mengaksesnya. Desainer software biasanya membagi database salam tabel – tabel sesuai kebutuhan. Tiap tabel menggambarkan hubungan antara variabel yang disebut relational database.

Database pada perusahaan retail berisi tentang jumlah persediaan masing – masing barang, harga barang, data pelanggan, data tanggal kadaluarsa makanan, dsb. Masing – masing data terintegrasi berguna bagi proses kinerja perusahaan. Misalnya, data jumlah persediaan digunakan untuk mengatur sirkulasi persediaan barang baik yang ada di gudang maupun yang siap dijual. Penjualan yang cepat harus diikuti manajemen persediaan yang cepat pula. Bagian keuangan juga bisa dengan cepat bisa menghitung rugi dan laba dengan data – data yang tergabung dalam sistem penjualan. Harga barang dapat diubah oleh perusahaan sesuai dengan promosi – promosi yang sedang dilakukan. Data pelanggan berguna untuk mengetahui segmentasi pasar yang membeli produk – produk yang ditawarkan perusahaan sehingga perusahaan dapat menyusun strategi marketing yang lebih tepat. Data tanggal kadaluarsa makanan merupakan informasi tambahan yang digunakan perusahaan untuk mengatur peletakan produk – produk makanan yang dijual. Barang yang lebih dekat dengan tanggal kadaluarsa akan diletakkan di tempat – tempat strategis seperti di bagian paling depan rak, disamping kasir, atau di bagian produk obral sehingga barang tersebut diharapkan lebih mudah terjual.

Kesuksesan dalam pengelolaan database terletak pada keakuratan dalam proses pendataan. Langkah pertama dari perusahaan dalam membuat database adalah membuat standarisasi pada seluruh data-data yang ada. Standar tadi meliputi Identifier, Naming, Definition, Integrity Rule, dan Usage Right. Kemudian menentukan jenis aplikasi DBMS apa yang sesuai untuk dipakai dalam membantu penyusunan dan pemanfaatan data-data tersebut.

Kategori
Tak Berkategori

Fitur Yang Harus Ada Pada Aplikasi Pengelola Keuangan

Saat ini sudah banyak aplikasi akuntansi yang beredar dengan berbagai spesifikasi dan fitur. Berikut adalah beberapa fungsi dalam aplikasi akuntansi yang sering digunakan untuk membantu perusahaan agar dapat mengelola keuangan dengan baik :

1. Neraca Keuangan

Adalah laporan keuangan yang dihasilkan dalam periode akuntansi tertentu yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada periode tersebut. Laporan ini yang akan digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan bisnis Neraca keuangan terdiri dari aset, liabilitas, dan ekuitas. ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Fungsi dari neraca adalah untuk memberikan informasi laporan keuangan perusahaan secara detil dengan menampilkan debit dan kredit perusahaan.

2. Inventory

Adalah aset yang dimiliki perusahaan baik dalam bentuk barang jadi atau barang yang masih dalam proses pembuatan. Terdapat tiga kelompok inventory: persediaan bahan baku, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut. Aplikasi akuntansi menyediakan menu gudang dan terdapat menu inventory yang bisa diinput dan dimonitor untuk mendapatkan informasi stok yang akurat.

3. Purchasing

Adalah proses pencarian bahan baku produksi yang akan digunakan dalam kegiatan produksi sebuah bisnis. Proses pembelian ini membutuhkan purchase order yang digunakan sebagai bukti pembelian perusahaan. Aplikasi akuntansi juga menyediakan fitur ini untuk membuat laporan pembelian.

4. Penjualan

Selain menampilkan informasi produk, fungsi ini juga menampilkan detil diskon dan pajak. Fungsi penjualan ini adalah fungsi yang sangat penting dalam proses keuangan.

5. Stock Opname

Fungsi ini penting untuk menghitung persediaan stok produk secara fisik. Tujuan dilakukan stock opname adalah untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan. Sehingga akan diketahui apakan catatan dalam pembukuan stock opname sesuai atau tidak. Selain itu digunakan sebagai sistem pengendalian internal untuk mendapatkan HPP dan membandingkan stock dari tahun ke tahun.

Kategori
Tak Berkategori

Modul Modul ERP

Berikut ini adalah beberapa modul yang patut Anda pertimbangkan ketika memilih sistem ERP.

Accounting Management

Manajemen akuntansi atau manajemen keuangan adalah modul ERP yang sangat penting untuk setiap industri, karena hampir tidak ada perusahaan yang tidak mengelola arus kas, pembayaran, utang-piutang, dan berbagai transaksi keuangan sehari-hari. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Inventory Management
Perusahaan mana pun yang memiliki banyak stok barang, baik barang dagangan maupun aset mereka sendiri memerlukan modul manajemen inventaris dalam sistem ERP mereka. Modul ini berfungsi menangani pelacakan stok, pengendalian pengadaan, pemesanan ke pemasok, dan berbagai kebutuhan manajemen inventaris lainnya.

Fitur-fitur yang pada umumnya ada dalam modul manajemen inventaris adalah manajemen stok, manajemen gudang, prakiraan inventaris (inventory forecasting), pengambilan dan pengepakan stok, manajemen pemasok, dan pelacakan pengiriman.

Purchasing Management
Sama seperti modul manajemen inventaris, modul pembelian merupakan modul yang penting bagi perusahaan manufaktur, grosir, dan ritel. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia. Modul ini membantu perusahaan mengelola pembelian barang ke pemasok. Dengan modul ini, pengeluaran dapat lebih terkontrol dan barang yang dibeli akan selalu sesuai dengan permintaan konsumen.

Manufacturing Management
Modul ini berfungsi menyederhanakan berbagai proses manufaktur yang kompleks. Fungsinya meliputi perencanaan produksi, pengaturan rute produksi, pengelolaan anggaran, pemantauan stok bahan baku dan barang jadi, dan masih banyak lagi.

Human Resource Management
Modul HRM membantu perusahaan untuk mengelola SDM mereka secara lebih efisien. Fungsinya mencakup pengelolaan informasi karyawan, pelacakan jam kerja dan kehadiran, penggajian, pengelolaan pajak karyawan, pembuatan survei, rekrutmen dan penerimaan karyawan baru, dan penilaian kinerja karyawan.

Sales Management
Jika Anda menjual servis atau produk dan membutuhkan solusi yang efektif dalam mengelola prospek dan pelanggan, maka modul penjualan adalah modul yang wajib dipertimbangkan.

Modul ini mencakup pengelolaan data prospek dan pelanggan, pemantauan siklus penjualan, penjadwalan follow up ke prospek, pembuatan penawaran dan faktur, dan pembuatan laporan penjualan yang lengkap.

Customer Relationship Management
Modul CRM hampir mirip dengan modul penjualan, tetapi fokusnya lebih pada pengelolaan pelanggan. Fungsinya mencakup pengelolaan pipeline penjualan, pencatatan riwayat interaksi pelanggan, email marketing campaign, laporan perilaku dan pola pembelian pelanggan, dan lain-lain.

Supply Chain Management
Modul SCM adalah salah satu modul ERP yang paling penting untuk perusahaan manufaktur. Modul ini memberikan perusahaan visibilitas ke seluruh rantai pasokan, dari awal hingga selesai.

Fitur-fitur yang ada dalam modul SCM di antaranya yakni manajemen inventaris, manajemen pesanan, manajemen pengadaan, pelacakan logistik dan pengiriman barang, perencanaan dan prakiraan, manajemen pemasok, dan manajemen pengembalian barang.

Warehouse Management
Modul manajemen gudang juga merupakan modul yang penting bagi perusahaan manufaktur. Modul ini membantu perusahaan mengelola operasi harian gudang, mengurus pesanan, memantau pekerjaan, dan menyediakan informasi real-time yang akurat tentang inventaris.

Project Management
Modul manajemen proyek merupakan modul yang wajib dipilih oleh perusahaan-perusahaan konstruksi dan permesinan. Modul ini membantu perusahaan membuat perencanaan proyek, mengatur anggaran untuk setiap proyek, mendistribusikan tugas, mencatat waktu kerja karyawan, membuat tagihan ke klien, dan masih banyak lagi.

Kategori
Tak Berkategori

Sejarah dan Pengertian Software Kasir Online

Sejarah dari Software Kasir Online

Jika dilihat dari sisi historisnya, software kasir online atau bisa disebut dengan POS ini adalah alat pembayaran elektronik pertama di dunia. Pada 1973, POS pertama kali muncul dengan sebutan cash registers yang di-install di beberapa supermarket di Amerika Serikat. McDonalds sendiri adalah salah satu perusahaan yang menggunakan cash registers pertama kali pada tahun 1974. Perkembangan jaman menuntut toko atau usaha ritel untuk lebih cepat dalam transaksi,maka dari itu dibutuhkan jasa pembuatan software kasir untuk membuat software pos sebagai solusi untuk transaksi dengan cepat.