Kategori
Tak Berkategori

Alasan untuk Menggunakan CRM

Pelanggan bukanlah unsur eksternal dari suatu interaksi didalam suatu perusahaan[3] . Hubungan yang dilakukan haruslah intern dan merupakan bagian penting dari perusahaan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital. Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan, sama seperti perusahaan membutuhkan karyawan.

CRM sendiri adalah suatu sistem informasi yang memungkinkan organisasi untuk berhubungan dengan pelanggan dan mengumpulkan, menyimpan dan menganalisa data pelanggan untuk memberikan pandangan yang komprehensif dari pelanggan mereka[2].

Alasan untuk menggunakan CRM:[1]

  1. Kompetisi untuk mendapatkan pelanggan sangat ketat. Dari titik pandang ekonomi, perusahaan belajar bahwa lebih murah untuk mempertahankan pelanggan daripada mencari yang baru. Dengan Prinsip Pareto, diasumsikan bahwa 20% dari pelanggan perusahaan menghasilkan 80% dari keuntungan yang didapat.
  2. Dalam penjualan di dalam bidang industri, dibutuhkan rata-rata 8 sampai 10 pertemuan untuk mendapatkan pelanggan baru, 2 sampai 3 pertemuan untuk pelanggan yang sudah ada.
  3. Ini membuktikan bahwa 5 sampai 10 kali lebih mahal untuk memperoleh pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
  4. Peningkatan 5% dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada berubah menjadi 25% atau lebih peningkatan profitabilitas.

Jadi tujuan dari CRM adalah untuk membentuk hubungan dengan pelanggan, agar pelanggan merasa puas sehingga dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan. Keuntungan tersebut adalah meningkatkan efisiensi pemasaran dan efektivitas, sehingga membantu dalam mengurangi biaya transaksi dan biaya pengembangan perusahaan secara keseluruhan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya. Untuk mencapai tujuan tersebut, bagian marketing, sales dan customer services harus bekerjasama lebih erat dalam sebuah teamwork dan saling berbagi informasi.

Tinggalkan komentar